29 April 2009

Jalanin SNMP Traffic Grapher (STG) di linux

bangun tidur kuterus manasin motor,sambil makan kripik pisang. sesudah motor panas maka baliklah dan berikan garam secukupnya...(loh kok?) hehe..
yah setelah itu gw ke kamar lagi, dan meninjau (alah eta tinjau..) pc yang ada ubuntu desktopnya (au deh yang sapa).and ke ingetan pengen masangin STG.

langsung aja gw buka terminalnya

iejal@auyangsapa:~$ cat /proc/version
Linux version 2.6.22-14-generic (buildd@palmer) (gcc version 4.1.3 20070929 (prerelease) (Ubuntu 4.1.2-16ubuntu2)) #1 SMP Sun Oct 14 23:05:12 GMT 2007

wehheeh kaga usah tau apa artinya..ini ubuntu zaman zebot deh. kita lanjutt ke step berikutnye okey?keey...

gw donglod itu yang namanya STG di situs aslenya http://leonidvm.chat.ru/, terus gw donglod juga WINE nya dimari

udah rebes semuanya di donglod ,stg nya di unpack. caranya?cari aja di google (niat kaga sih bkin blog?haha).tinggal di unzip aja gampang ok. (tapi di install dlu tu unzip nye)

sekarang kita install wine nya tadi

iejal@auyangsapa:-$dpkg -i wine_0.9.36~winehq0~debian~4.0_i386.deb


bablablbal ntar keluar prosesnya ..
eh ada error libaudio nya katanye kaga ada.
ya udah install dlu deh libaudio nya..(berhubung di apt-get kga bisa) jadi gw donglod dulu libaudio2.deb nya dimari

gw install libaudio2nya

$dpkg -i libaudio2_1.9.1-1_i386.deb


terus dpkg lagi wine nya

$dpkgi -i wine_0.9.36~winehq0~debian~4.0_i386.deb


instalasi udah beres.

untuk jalanin STG nya, gw copy dulu file-file berikut ini ke system32 :

mgmtapi.dll
wsnmp32.dll
mib.bin
snmpapi.dll


dimane dapetin semua file ntu?
untuk file 1-3 bisa di dimari
untuk file snmpapi.dll dimari

terus masuk dan paste file tadi ke

$cd /root/.wine/drive_c/windows/system32

udah gitu udah deh..jalanin STG nya.

$wine STG.exe


STG WORK on ubuntu

2 comments:

  1. bos mau nannya nech
    gw da masalah ma oid sama target address..
    gmana cara kita tau oid yg akan di pakai dan interface yg di jadikan sebagai media monitor=

    thanks br 4

    ReplyDelete
  2. hehe mngkin tlat bangt ya jawabnya,tapi darpada tidak sama sekali,ane coba jelaskan.

    kira-kira begini ceritanya :

    untuk tau interface yang dipakai ketik

    #ifconfig

    nanti keluar nama-nama eth yang dipakai.

    untuk tau oid yang akan dipakai pake snmpwalk

    #snmpwalk -v1 -c public localhost|grep eth

    nanti keluar kira-kira seperti ini

    IF-MIB::ifDescr.2 = STRING: eth0
    IF-MIB::ifDescr.3 = STRING: eth1
    IF-MIB::ifDescr.4 = STRING: eth2
    IF-MIB::ifDescr.5 = STRING: eth3
    IF-MIB::ifDescr.6 = STRING: eth4
    IF-MIB::ifDescr.7 = STRING: eth5

    biasanya format no OID seperti ini
    Green oid : 1.3.6.1.2.1.2.2.1.16.x (upstream)
    Blue oid : 1.3.6.1.2.1.2.2.1.10.x (downstream)
    untuk memonitoring eth1 maka "x" nya di isi oleh 3

    CMIIW

    ReplyDelete